Sabtu, 07 Januari 2012

Ucapan, Niat, Usaha, Insyaallah Dijabah Allah


Pernah suatu ketika gue sama temen gue cerita-cerita. Karena waktu itu pas banget sama momen kelulusan, kelas XII, kita bedua cerita soal universitas mana yang pengen kita “injak” pas nanti udah lulus. Gue, yang kebetulan banget waktu itu masih buta banget sama yang namanya universitas, gue mau kuliah asal ga kuliah yang berbau IPA. Entah, gue SMA jurusan IPA tapi gue amat sangat benci sama yang namanya pelajaran yang brbau IPA. Kecuali Biologi. Itu masih ada mendingnya, ya walopun dikit. Tapi tetep aja judulnya IPA dan gue ga suka.


Oke, temen gue cowok, sebut aja namanya Ryan, satu kesempatan kita pernah cerita-cerita soal mau kuliah dimana? Jurusan apa? Dan youknow gue jawab apa? “aku Kehutanan, IPB, Yan

“heh? Kok kehutanan sih? Kan kamu cewek?”
“ya gapapa kan... “ (dikira gue ngerti apa kehutanan kaya apa.padahal waktu itu masih asal aja ngejawabnya)
“Lah emang kamu pengen masuk mana?” tanya gue ke temen gue yang kata temen-temen gue yang lain anaknya pendiem.
Teknik Lingkungan ITB,Fi”.
“wah, ITB!! Hebat-hebat!!”

Temen gue emang pinter, jadi sah-sah ajalah kalo emang pengen masuk sana. Hihiii..


·         PMDK IPB

Menurut saran dari kaka gue, gue ikut aja PMDK IPB. Toh gue juga pernah kan ngaku-ngaku ke temen gue yang ono kalo gue pengen masuk IPB. Jadi ceritanya gue nyoba aja gitu daftar, kali-kali gue masuk kan alhamdulillah. Dan tanpa gue tau, temen gue yang, Ryan juga ikutan ngedaftar. Tapi entah dia milih jurusan apa. Gue dengan setengah hati, entah mau milih jurusan apa karna gue juga ga gitu minat kuliah di IP nantinya. Tapi udah ah, namanya usaha nyari PTN, nyokap gue nyuruh gue kuliah di PTN soalnya biar lebih murah. PMDK IPB di sertai 2 pilihan jurusan pilihan. 

Pilihan pertama gue milih teknik pertanian. Dan lo tau kenapa gue milih jurusan itu? Soalnya pas jaman SMA kelas 3 ada sosialisasi dari kakak-kakak yang udah kuliah, kakakny ganteng, keren, baik, dan jurusannya teknik pertanian. Aaaaah!! Gue jadi semangat milih teknik. 

Pilihan kedua, gue pilih manajemen hutan. Entah apa dasarnya gue lupa. Oiya! Karena ada kata-kata manajemennya, jadi gue kira nanti paskuliah kebanyakan materi ekonominya (ekonomi manajemen). Beberapa bulan nunggu.... nunggu dan nunggu, ahirnya pengumuman keluar. Alhamdulillah gue masuk !!!!

Sampe kebawa mimpi kali gue. tapi di mimpi gue ceritanya ga diterima, dan gue nangis-nangis kaya anak ditinggal emaknya jadi TKW #eh. Tapi ada cumanya nih, gue masuk yang manajemen hutan. Pupus sudah deh harapan gue buat  sejurusan sama kakak ganteng itu. Wkakaka


Satu kesempatan di sela-sela nunggu pengumuman PMDK, gue bareng temen gue juga daftar UM UGM. Udah gue disitu stuck sama pilihan yang berbau IPS. Setiap malem kerjaan gue selain belajar buat sekolah yang notabenenya pelajaran IPA, gue juga sempet-sempetin belajar materi buat UM.

Pengumuman PMDK kebetulan dateng H-1 sebelum gue harus pergi ke Jogja. Menurut guru gue, mending gue ga usah ikut yang UM aja. Toh udah keterima yang PMDK. Tapi ah, make alesan sayang udah belajar dan gue sebenernya pengen jalan-jalan ke Jogja, gue tetep aja ikut. Padahal gue juga inget, hari Umnya sendiri tuh udah H- berapa sebelum ahirnya gue UAN. Plis, dengan sikonda kaya gini gue yang emang selalu labil, masih aja seneng buat maen. Kyaaaaa......!!!!


Usaha udah usaha buat ngisi soalnya semaksimal yang gue bisa dan gue ngerti. Hasil ahir, gue tetep pasrah sama Allah. Dan pas pengumuman UM, ternyata gue ga diterima. Gue kecewa, nagis, lebih minat masuk UGM gue daripada IPB yang jurusannya apalah itu gue ga minat sama sekali sebenernya. Tapi ya mau gimana, udah diterimanya disitu. 

Kenapa ga usaha ikutan tes masuk PTN lagi? Gue males, males nanti kecewa lagi. Yaudah atas dasar syukur, gue harus bersyukur udah diterima di IPB ya sekalipun temen gue ga diterima, di UGM pun dia ga diterima. Gue, tetep di IPB dan temen gue ikut tes masuk yang lainnya lagi. Ada UNES, UNSOED, sama apalagi gue lupa. Terahir ngasih kabar sih dia kuliah di Jogja, di PTS, UII jurusannya teknik lingkungan juga kalo ga salah. Cerita-cerita banyak lah, dan udah kuliah juga disana. Gue sih tau, temen gue ga puas sebenernya sama yang udah ada, lebukti kok pas SNMPTN dianya ikutan lagi. Lama ya ga cerita, eh katanya dia masuk ITB, jurusannya pun kalo ga salah ya sama kaya yang dia pengenin pas cerita ke gue jaman-jaman kita cerita dulu, teknik sipil. Tapi gatau juga sih gue, gue gatau langsung dari anaknya. Satu hal yang bikin gue sempet gondok, dianya gak ngasih tau guee!! Gue tau dari temen gue yang juga temennya. Kalo kata anak-anak gahol sekarang tuh bilangnya WTF lah! Hahaa.. iya WTF. Kesel gue sebenernya. Tapi ya yang namanya temen, tetep lah gue ngucapin selamat. 

Intinya, akan ada jalan kok kalo manusianya mau usaha. Sekalipun usahanya gak seniat gue, yang namanya kata-kata, perkataan, kalo pas ngomongnya ada malekat yang baik hati lewat, pasti bakal dicatet. Terus dikasih tauin ke Allah, nah Allah ngabulin deh kata-kata kita. Begitu juga dengan temen gue, sempet sedih dia, gue tau banget, ga masuk di PTN yang dipengenin, sekalinya masuk di swasta, tapi bisa diliat kan dari usahanya. WOW!! Mungkin pas dia bilang pengen masuk teknik sipil dan lingkungan itu ga ada malekat baik hati yang lewat, yang ada mungkin abang tukang bakso yang lewat, jadi kata-katanya ga langsung dijabah sama Allah (ops, ini sotoy-sotoynya gue aja sih ya).


Ahirnya kita sama-sama kuliah di tempat yang dulu pernah kita bilang, IPB-ITB. Tapi ga selang lama, dia pindah kuliah lagi, yang ini dia bukan pindah ke NTU ato Harvard ato UPS Tegal, tapi pindah ke salah satu sekolah tinggi kedinasan di Jakarta. Yasudah, namanya rejeki orang masing-masing. Mungkin rejekinya bukan di ITB, tapi sekolah ikatan dinas yang sekarang. Kalo diliat-liat lagi, usahanya Ryan kekencengan kali ya makanya sampe nembus dua tempat kuliah. Hahaa :D
Beres wisudaan

 

SMA





kuliah



Tidak ada komentar: